Mengapa Militer Merupakan Kekuatan Pada Orde Baru

Pemerintah pada masa orde baru yangdiawali dari thn 1966 s/d 1998, dengan kata lain pada masa orde baru merupakan masa pemerintahan Presiden Soeharto yang dikenal juga denga Bapak Pembangunan atau Presiden yang ke 2 setelah Presiden Soekarno.

Semasa orde baru peran dan fungsi militer dalam pemerintahan di Indonesia begitu sangatdominan, maka, apakah yang membuat militer begitu menguasai dalam pemerintahan pada massa pak Harto? Berikut adalah ke-3 pemicunya :

1. TNI/ABRI adalah stabilisator pemerintahan
Pemicu pertama adalah peranan TNI/ABRI ketika itu salah satunya adalah menjadi stabilisator dalam pemerintahan. Diantara buktinya adalah dalam setiap sektor pemerintahan militer memiliki peranan yang banyak sekaligus penting di masyarakat. Rakyat yang menentang atau tidak sama pendapat dengan pemerintahan tentunyajuga akan berhadapat militer serta bakal dicap menjadi pemberontak atau di cap menjadi komuis serta anti kemapanan.

2. TNI/ABRI bertindak jadi dinamisator pembangunan
Pada saat orde baru banyak anggota serta purnawirawan ABRI memegang jabatan umum dan politik.

3. ABRI jadi kekuatan politik paling utama Pak Soekarno
Penyebabnya ke-3 adalah karna Presiden Soekarno membuat ABRI menjadi salah satukekuatan politik yang paling utama. Hal semacam ini dapat dibuktikan dalam bagian legislatif terdapat juga fraksi TNI atupun POLRI. Diluar itu juga dalam parpol GOLKAR juga ada anggota yang berasal dari Purnawiran ABRI konon katanya sebagai tangan kanan dari Presiden Soekarno.

Dikarenakan peranan militer pada saat orde baru ini begitu kuat, maka pada saat orde baru dikenal juga jadi masa Dwifungsi ABRI. Berarti ABRI mempunyai peranan ganda yakni menjadi kemampuan hamkam serta kemampuan sosial politik. Bahkan juga ABRI lebih menguasai mengarah ke kapabilitas sosial politik pada saat itu.
Terlepas dari semua itu Pada mas Pak Soeharto kondisi kemanan dan kenyamanan begitu terasa. jarang sekali kita melihat demo yang rusuh tidak seperti zaman saat ini dimana ada demo biasanya kejadian rusuh akan terjadi. bahkan saat ini kita sering dengar selogan “enak zaman ku tho”.

mengapa militer merupakan kekuatan pada masa orde baru

About the Author