5 Hal Mengapa Militer Indonesia Ditakuti Dunia

Penambahan kapabilitas untuk militer Indonesia selalu dijalankan sejak mulai thn 2004. Ini merupakan sebuah komitmen Indonesia agar kemampuan militer indonesia semakin di pandang di dunia.

Walau masih ada kekurangan, tapi kita sudah ada di jalur perubahan yang baik. ada 5 poin penting mengenai keunggulan prestasi kemampuan militer Indonesia.

1. Tentara Militer Indonesia

Tentara Nasional Indonesia atau juga sering disingkat dengan sebutan TNI mempunyai prestasi yang membanggakan. Mereka sempat berperan di masa kemerdekaan.

Di thn 2016 dalam taraf internasional, Indonesia memperoleh posisi ke-12 dunia dalam kemampuan militer negara. Saat itu Indonesia ada diatas Australia serta dibawah Polandia.

Dibanding dengan masyarakat yang lebih dari 250 juta orang, keseluruhan prajurit militer Indonesia lebih kurang yaitu 129. 075. 188 prajurit.

Keseluruhannya, ada 107, 5 juta lebih yang siap perang selagi diperlukan. Dimana, 476 ribu-nya adalah prajurit garis depan, yang dibackup oleh 400. 000 tentara cadangan.

2. Peralatan Persenjataan di Darat

Dengan perlangkapan persenjataan militer yang ada saat ini, kemampuan militer Indonesia semakin disegani oleh negara lain.

Kemampuan militer darat Indonesia diperlengkapi oleh perlengkapan tempur berbentuk tank. Tipe tank itu ada dari mulai dari Main Battle Tanks, tank taraf medium, sampai tank perusak (destroyer).

Militer Indonesia juga memiliki Towed-Artillery 80 buah, Self-Propelled Guns (SPGs) beberapa 37 unit, AFVs atau Armored Fighting Vehicles beberapa 1. 089 buah, serta Multiple-Launch Rocket Systems (MLRs) sejumlah 86 unit.

mengapa militer indonesia ditakuti dunia

3. Peralatan Persenjataan Angkatan Laut

Mulai sejak dulu Indonesia dikenal juga dengan sebutan negara maritim karna jumlah pulau. Indonesia juga memiliki kendaraan, perlengkapan, serta persenjataan untuk angkatan laut sejumlah 171 unit.

Keseluruhan itu adalah kapal selam (2 unit), Corvette (26 unit), Mine Warfare (12 unit), serta Coastal Defense Craft (21 unit).

4. Peralatan Persenjataan Angkatan Udara

Dengan membeli delapan helikopter Apache dari AS serta 10 jet tempur Sukhoi dari Rusia pada thn 2013 yang lalu. dan Pada thn 2014 kendaraan tempur udara miliki Indonesia terdaftar sejumlah 381 buah. Di thn 2015 makin tambah menjadi 405 unit.

Indonesia mempunyai pesawat sebagai jet tempur jumlahnya sekitar 30 buah, pesawat untuk pengangkut jumlahnya sekitar 187 buah, Trainer Aircraft sejumlah 104 buah, Fixed-Wing Attack Aircraft sejumlah 52 buah, serta helikopter dengan keseluruhan 153 unit.

5. Kopassus : Pasukan Elite Indonesia

Kopassus sempat bertempur dengan Special Air Service atau SAS, pasukan elit Inggris didalam pedalaman Kalimantan.
Selain itu keberhasilan Kopassus dalam membebaskan sandera di pesawat Garuda 206 di Thailand pada 1981 semakin mengharumkan nama Kopassus.tidak hanya itu Kopassus juga banyak berprestasi dalam mengikuti kejuaraan menembak ditingkat dunia.

Begitu banyak prestasi, Kopassus menempati posisi 3 pasukan elite dunia versus Discovery Channel pada thn 2008.

About the Author